Satu Nusa, Satu Bangsa, Satu Xeoners Indonesia

Selasa, 14 Juli 2015

Tips Mudik Menggunakan Motor ala Xeoners Indonesia



(Sam - riderspeed.com) - Sebentar lagi, musim mudik akan tiba. Berbagai hal harus dipersiapkan untuk perjalanan mudik, agar perjalanan mudik terasa aman dan nyaman. berikut tips mudik untuk para pemudik yang menggunakan sepeda motor sebagai moda transportasinya :


1. Siapkan Mental Anda

Menggunakan sepeda motor adalah alternative terakhir anda untuk mudik, jika memang demikian buat senang perasaan anda, hilangkan beban, perasaan was-was, kekhawatiran yang berlebihan, bangun perasaan didalam jiwa bahwa mudik dengan sepeda motor itu kegiatan yang menyenangkan.

2. Siapkan Pengetahuan anda

Perluas pengetahuan anda tentang rencana mudik yang akan dilaksanakan, meliputi kondisi rute, kondisi sepeda motor dan informasi lainnya yang berkaitan dengan mudik, Peta mudik berikut informasi tambahan lain biasanya terbit di Koran-koran Nasional H-7 s.d H-3.

3. Siapkan Fisik Anda

Istirahat yang cukup sebelum anda pergi, hindari minum obat-obatan yang membuat anda ngantuk dan lemah, selalu lakukan pemanasan sebelum mengendarai sepeda motor.
Untuk memiliki waktu istirahat yang cukup sebelum pergi, lakukan persiapan mudik secara bertahap, dan terencana.

4. Siapkan Sepeda Motor Anda

Cara yang singkat dan pasti adalah membawa sepeda motor anda kebengkel terpercaya, sampaikan ke mekanik bahwa motor tersebut akan dibawa oleh anda sebagai alat transportasi mudik, sebaiknya lakukan pemeriksaan dan perbaikan 1 minggu sebelum dipakai mudik, sehingga anda memiliki waktu yang cukup untuk beradaptasi kembali dengan motor anda terutama jika ada perbaikan lanjutan. Pastikan kelengkapan standar motor berfungsi dengan baik, kaca spion, sistim kelistrikan ( CDI, Head lamp, Sign lamp, horn, Fuse system, busi ), sistim pengereman ( Kanvas rem, minyak rem, kabel rem ) , sistim penggerak ( kopling, gear, ban, rantai, v-belt dll ) dan Chasis.